Penyebab Ejakulasi Dini yang Sering Tidak Disadari!

Penyebab Ejakulasi Dini yang Sering Tidak Disadari!

Penyebab ejakulasi dini memang kerap dikaitkan dengan mitos mitos yang justru membuat para lelaki kurang percaya diri. Sepertihalnya  kebiasaan mastrubasi yang terlalu sering atau bahkan ukuran penis yang terlalu kecil, sehingga menyebabkan kemampuan ereksi menurun.  Yang pada akhirnya justru menimbulkan perasaan gelisah sebelum berhubungan badan dan memicu terjadinya ejakulasi dini. Dimana seseorang akan lebih cepat merasakan orgasme, tak lama setelah melakukan hubungan seksual. Meskipun disertai rangsangan yang sangat minim.

Padahal faktanya, penyebab ejakulasi dini yang terlalu cepat tidak serta merta terjadi begitu saja. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sistem reproduksi. Sehingga menyebabkan pengeluaran sperma lebih dini daripada yang seharusnya. Hal semacam ini sudah tentu tidak bisa dibiarkan. Karena bagaimanapun juga akan berpengaruh pada keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan. Berikut beberapa kemungkinan penyebab ejakulasi dini yang biasa terjadi : 

penyebab ejakulasi dini pasangan sedih
Sumber : Freepik.com

 

Faktor Penyebab Ejakulasi Dini

Ada banyak faktor penyebab ejakulasi dini. Tapi secara umum penyebab ejakulasi dini sendiri dibagi menjadi 2 faktor. Diantaranya adak faktor biologis dan faktor psikologis. Yang masing masing mempunyai pengaruh besar pada sistem reproduksi pria. Untuk lebih jelasnya, berikut paparan detail terkait hal apa saja yang bisa memicu ejakulasi dini bisa terjadi.

 

Faktor Biologis

Secara medis, kemunculan ejakulasi dini tidak lepas dari pengaruh faktor biologis yang bisa saja menghambat kenyamanan Anda bersama pasangan saat bercinta. Diantaranya,

penyebab ejakulasi dini faktor biologis
Sumber : Freepik

Pengaruh hormon yang tidak normal

Saat hormon testosteron seorang pria mengalami penurunan. Dampaknya bisa menyebabkan berkurangnya cairan mani yang dikeluarkan. Akibat berkurangnya kemampuan sekresi kelenjar prostat dan vesikula semilunaris. Jika hal semacam ini terjadi, bukan tidak mungkin ejakulasi dini dengan volume rendah. Bisa kapan saja terjadi. 

 

Obesitas

Selain masalah hormonal, obesitas juga kerap dikaitkan sebagai faktor penyebab ejakulasi dini. Akibat kurangnya rasa percaya diri dalam berhubungan. Masalahnya, secara tidak langsung kegemukan bisa saja menimbulkan hambatan fisik saat bersenggama. Sehingga ga dipungkiri bisa juga mempengaruhi kontrol terhadap ejakulasi dini itu sendiri.   

 

Diabetes

Berdasarkan sejumlah penelitian, orang yang mengidap penyakit diabetes juga berpotensi mengalami ejakulasi dini. Yang bisa saja terjadi akibat kurangnya aliran darah menuju penis. 

  

Penyakit hipertiroid

Nyaris serupa dengan diabetes. Penyakit hipertiroid  sendiri juga menjadi penyebab ejakulasi dini yang tidak bisa dihindari. Karena memang kondisi semacam ini dipengaruhi faktor genetik. Yang bisa saja diturunkan jika ada salah satu anggota keluarga yang mengalaminya.

Biasanya, saat kadar tiroid dalam tubuh mengalami peningkatan. Seseorang akan lebih mudah merasa cemas, perasaan deg degan yang tak terkendalikan,  lemas pun juga dibarengi dengan penurunan berat badan.

  

Masalah Prostat

Selain memiliki peran penting dalam sistem reproduksi pria. Selama ejakulasi, fungsi kelenjar prostat juga mempermudah proses ekskresi secara alami. Karena cairan yang dihasilkannya, dinilai sangat membantu proses pengeluaran sperma dan mani secara bersamaan. Sehingga jika kelenjar prostat bermasalah. Sudah tentu proses ejakulasi pun juga akan terhambat.

  

Konsumsi obat obatan terlarang

Bukan rahasia umum lagi, jika penggunaan obat – obatan terlarang seperti narkoba. Memang memiliki dampak buruk bagi kerusakan dan kevugaran tubuh. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang pernah digagas oleh National Library of Biotechnology Information disebutkan, bahwa penyalahgunaan obat obatan terlarang dinilai berpotensi besar dalam  menyebabkan berbagai masalah disfungsi seksual. Seperti ejakulasi dini misalnya.

 

Konsumsi alkohol yang berlebihan

Selain bisa menurunkan kadar  produksi hormone testosteron yang berperan penting dalam organ reproduksi pria. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Rupanya bisa mengganggu proses ereksi secara alami. Sederhananya, Jika Anda meminum alkohol dalam jumlah besar. Peredaran darah dari penis pun turut terhambat. Sehingga dampaknya bisa mengganggu kemampuan Anda dalam merasakan rangsangan seksual. Antara kesulitan ejakulasi atau justru menjadi penyebab ejakulasi dini berlangsung lebih cepat!

  

Faktor Psikis

Selain faktor biologis, penyebab ejakulasi dini juga bisa dipicu oleh keadaan psikologis seseorang, yang biasa timbul akibat kecemasan berlebihan sebelum melakukan hubungan seksual. Umumnya persaan tidak tenang semacam takut atupun khawair. Dipicu oleh beberapa hal, diantaranya, :

Penyebab ejakulasi dini faktor psikologis
Sumber : freepik.com

 

Pengalaman hubungan seksual yang minim

Perasaan cemas yang tidak terkendali sebelum berhubungan badan memang kerap menjadi salah satu penyebab ejakulasi dini yang sering terjadi. Apalagi jika ini kali pertama Anda melakukan senggama dengan pasangan. Ga dipungkiri, sebagian besar pria muda merasa khawatir dan takut tidak bisa membahagiakan pasangan karena minimnya pengalaman.

Karena tidak sedikit yang beranggapan, kemampuan bermain di ranjang adalah harga diri seorang lelaki sejati. Sehingga tidak sedikit orang yang merasa tertekan dan akibatnya justru menyebabkan terjadi ereksi lebih cepat dan ejakulasi dini sebelum waktunya.

 

Memiliki trauma

Selain pengalaman pertama, kecemasan saat berhubungan seksual juga kerapkali timbul. Terlebih saat seseorang teringat pengalaman yang cukup traumatic dalam hidupnya. Perkara trauma, bukan hal yang mudah memang untuk mengendalikannya. Apalagi jika Anda pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan. Seperti pelecehan seksual ataupun pernah juga ketahuan masturbasi tanpa sengaja. Hingga membuatnya jadi bahan bullyan. Yang akhirnya mengganggu kondisi psikis dan memicu masalah seksual tentunya.

 

Stress

Stress ga hanya berdampak pada kondisi mental. Faktanya, efek buruk dari stress kronis juga memicu berbagai masalah kesehatan. Seperti ejakulasi dini misalnya. Bukan tanpa alasan, pasalnya saat Anda mengalami stress dan banyak pikiran. Secara alami Libido akan mengalami penurunan. Sehingga secara otomastis juga mengurangi gairah bercinta dengan pasangan. Yang pada akhirnya menimbulkan perasaan tidak nyaman dan ejakulasi dinipun bisa terjadi diluar keinginan.

 

Depresi

Sama sepertihanlnya stress. Depresi yang berkepanjangan juga menjadi faktor penyebab ejakulasi dini. Selain mengalami penurunan mood dan nafsu makan. Pada kondisi ini, seseorang juga banyak kelihangan gairah dalam hidupnya. Termasuk ketertarikan melakukan hubungan seks tanpa disadari misalnya.

  

Gejala Ejakulasi Dini

Penyebab ejakulasi dini dan gejalanya

Setelah mengetahui faktor penyebab ejakulasi dini. Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas gejala gejala yang menandakan Anda mengalami ejakulasi dini. Lebih jelasnya, saat seseorang mengalami masalah semacam ini. Umumnya mereka akan mengalami beberapa kondisi seperti berikut :

  • Merasa gelisah dan frustasi selama berhubungan badan
  • Ketidakmampuan menahan ejakulasi lebih dari 1 menit setelah penetrasi. Bahkan sebagian pakar mengatakan ejakulasi dini biasanya berlangsung selang waktu 30 – 60 detik.
  • Menurunnya gairah dan Cenderung menghindari keintingan hubungan seksual setelahnya.

 

Baca juga : Apakah ejakulasi dini bisa sembuh? Cek faktaya disini!

 

Bagaimana jika mengalami ejakulasi dini!

Penyebab ejakulasi dini
Sumber : Freepik.com

Masalah ejakulasi dini memang tidak bisa dibiarkan. Bayangkan jika kondisi semacam ini terus berulang selama berhubungan seksual. Bukan tidak mungkin pasangan Anda bisa saja kecewa dan merasa kurang puas selama berhubungan. Karena permainan harus terjeda, padahal belum mencapai titikm klimaks. Sudah tentu sangat meresahkan bukan! Dalm hal ini, Ga sedikit juga pria yang pada akhirnya merasa frustasi dan menyalahkan diri sendiri.

Jalan satu satunya yang bisa Anda lakukan adalah segera berkonsultasi kepada dokter ataupun ahli yang berkaitan. Untuk menemukan akar masalah dan cara pengobatan ejakulasi dini agar tidak terus terusan berulang setiap berhubungan seksual. Bagi Anda yang tertarik berkonsultasi terkait keluhan yang Anda alami saat ini. Klik link berikut ini gratis!

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *