Apa itu Ejakulasi Dini? Kenali Penyebab, Dampak Dan Cara Mencegahnya!

Apa itu Ejakulasi Dini? Kenali Penyebab, Dampak Dan Cara Mencegahnya!

Sebelum membahas lebih dalam terkait apa itu ejakulasi dini! Ada baiknya Anda juga perlu memahami dulu seperti apa ejakulasi itu sendiri. Sederhananya, ejakulasi merupakan  proses pelepasan sperma dan cairan semen melalui penis. Sebagai respon alami tubuh, yang menandakan seseorang telah mencapai titik klimaksnya (orgasme) saat melakukan hubungan seksual.

Nah bicara soal Apa itu ejakulasi dini? Dari sini Anda bisa mengetahui bahwa ejakulasi dini adalah sebuah gangguan seksual, yang mengakibatkan seorang pria kesulitan mengontrol ritme ejakulasi saat berhubungan badan.

Ga dipungkiri, kondisi ini memang sering sekali dikeluhkan sebagian besar pria. Tak peduli berapapun usianya. Baik tua maupun muda. Bahkan dalam sejumlah riset ditemukan, setidaknya 1 dari 3 pria mengaku pernah memiliki masalah dengan ejakulasi dini. Nah untuk mengetahui apa itu ejakulasi dini lebih mendalam. Berikut ulasan lengkapnya,

  

Ciri dan Gejala Ejakulasi Dini

apa itu ejakulasi dini dan gejalanya
Sumber : Freepik

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Apa itu ejakulasi dini,  tidak lain adalah sebuah kondisi dimana seorang pria mengalami kesulitan menahan ataupun menunda melepaskan oergasme lebih dari sesaat setelah penetrasi

Umumnya gejala ejakulasi dini, ditandai dengan pelepasan sperma yang terjadi kurang dari 1 menit. Atau lebih tepatnya 30 – 60 detik usai masuknya penis kedalam lubang vagina. Dan kondisi semacam itu terus terjadi berulang. Meski minimnya rangsangan yang diterima.

  

Penyebab Ejakulasi Dini

Penyebab ejakulasi dini faktor psikologis
Sumber : freepik.com

Meski sampai saat ini faktor utama penyebab ejakulasi dini masih belum diketahui pasti. Tapi para pakar kesehatan telah sepakat, bahwa gangguan ejakulasi dini bisa dipengaruhi oleh kondisi biologis maupun psikologis  seseorang yang seringkali tidak disadari. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah faktor penyebab ejakulasi dini yang perlu Anda ketahui

 

Faktor Biologis

Gangguan ejakulasi dini tentunya tidak lepas dari ketidaknormalan fungsi dari beberapa organ  organ dalam tubuh. Sehingga menyebabkan Anda kesulitan mengontrol fase ejakulasi itu sendiri. Ringkasnya, berikut adalah deretan faktor biologis yang diindikasi sebagai penyebab ejakulasi dini :

  • Pengaruh hormon yang tidak normal
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Penyakit Hipertiroid
  • Menurunnya fungsi prostat
  • Konsumsi obat obatan terlarang
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan

 

Faktor Psikologis

Adapun faktor psikologis yang juga sering dikaitkan dengan permasalahan ejakulasi dini. Diantaranya,

  • Minimnya pengalaman hubungan seksual 
  • Punya pengalaman traumatik
  • Stress
  • Depresi

 

Baca juga : Penyebab ejakulasi dini yang jarang diketahui

 

Jenis – Jenis Ejakulasi Dini

apa itu ejakulasi dini dan penyebabnya
Sumber : Freepik.com

Jenis Ejakulasi Dini Berdasar Tingkat Keparahan

Jika digolongkan berdasarkan tingkat keparahannya. Secara umum, jenis ejakulasi dini dibedakan menjadi 3 bagian sebagai berikut:

 

Ejakulasi tipe dini ringan

Pada tipe satu ini, ejakulasi dini bisa terjadi sesaat setelah Anda melakukan hubungan badan. Lebih tepatnya sekitar 30 – 60 detik sesudah penetrasi.

 

Ejakulasi dini tipe sedang

Umumnya ejakulasi dini tipe sedang ditandai dengan munculnya keinginan orgasme yang lebih cepat waktu pertama kali penetrasi. Kurang lebih sekitar 15 – 30 detik setelah penis berhasil masuk kedalam vagina pasangan.

 

Ejakulasi dini tipe berat

Ga dipungkiri ejakulasi dini tipe ketiga inilah yang paling berbahaya. Karena bagaimanapun kemunculannya sudah sangat mengganggu kenyamanan saat bersenggama. Sekarang coba bayangkan saja, pada ejakulasi tipe berat. Anda bisa saja mengalami orgasme lebih cepat. Baik sebelum, saat atau  kurang dari 15 detik sesudah penetrasi berlangsung.

 

Jenis Ejakulasi Dini Berdasaekan Waktu Terjadinya

Sementara apabila dibedakan berdasar waktu terjadinya ejakulasi ini. Anda bisa menemukan 2 jenis dari ejakulasi dini itu sendiri. Diantaranya,

 

Ejakulasi Primer

Bagi Anda yang sudah mengalami ejakulasi dini sejak pertama kali berhubungan badan. Dan terus menerus berulang setiap kali bersenggama. Itu tandanya Anda mengidap ejakulasi dini tipe primer. Umumnya, permasalah satu ini kerap dipicu oleh gangguan psikolosis, yang membuat cemas, panic, dan merasa tertekan terhitung dari waktu pertama Anda mencoba aktivitas seksual.

 

Ejakulasi Sekunder

Berbeda dengan ejakulasi primer. Pada kondisi ini, awalnya Anda justru tidak mempunyai masalah seksual yang berarti sama sekali. Bahkan bisa dibilang sistem produksinya berjalan normal. Sampai suatu ketika gangguan ejakulasi dini pun terjadi. Bagi Anda yang memiliki masalah serupa, seringnya penyebab ejakulasi sekunder bisa dipicu karena pola hidup yang kurang sehat, disfungsi ereksi, bahkan bisa juga akibat kecemasan yang tak terkendali selama berhubungan intim.

 

Resiko dan Dampak Ejakulasi Dini

Penyebab ejakulasi dini pria
Sumber : Freepik.com

Jika masalah ejakulasi dini yang Anda alami sudah mulai mengganggu. Sebaiknya segera konsultasikan kepada ahlinya. Untuk mendapat penanganan yang tepat, supaya kondisinya tidak semakin buruk. Karena masalahnya, dampak ejakulasi dini ga hanya Anda rasakan sendiri.

Pada faktanya, ejakulasi dini yang Anda alami juga berdampak pada perasaan pasangan. Terlebih dalam menjaga kelangsungan hubungan dengan pasangan dalam membina rumah tangga.

Sehingga sudah tentu masalah seksual satu ini sangat tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena salah salah, menyepelekan ejakulasi dini bisa juga memicu pertengkaran, bahkan perpisahan akibat adanya miskomunikasi yang patut Anda antisipasi.

 

Dampak ejakulasi dini bagi pria

apa itu ejakulasi dini
Sumber : Freepik.com

Frustasi dan kehilangan kepercayaan diri

Bukan rahasia umum lagi, jika munculnya rasa frustasi dan kehilangan kepercayaan diri menjadi salah satu dampak ejakulasi dini yang cukup mengkhawatirkan. Masalahnya kehilangan rasa percaya diri sama artinya dengan kehilangan semangat hidup.

Jika sudah sampai seperti ini. Ga menutup kemungkinan, imbasnya juga mempengaruhi aktivitas harian. Pikiran tidak tenang, kerjaan terkendala, hubungan dengan pasangan  bermasalah. Bahkan skenario buruknya, mimpi – mimpi yang sudah Anda dicanangkan sejak lama bisa saja jadi berantakan.

  

Merasa harga dirinya jatuh

Bagi sebagian besar pria, kejantanan dan kekuatan berada diatas ranjang. Menjadi salahsatu harga diri yang kerap kali di banggakan dalam berbagai kesempatan. Apakah Anda  juga beranggapan sama?

Oleh karenanya, ga bisa dipungkiri kalau dampak ejakulasi dini justru membuat semakin tertekan bahkan sampai muncul perasaan tidak berharga. Meski sudah mencoba beberapa kali menahannya.

Masalahnya, jika seorang pria sudah merasa minder.Kebanyakan dari mereka justru lebih memilih menghindari hubungan seksual. Sekalipun benar benar  menginginkannya. Alih – alih memuaskan hasrat yang terpendam. Banyak para pengidap ejakulasi dini mengaku memilih menyibukkan diri atau menggunakan boneka seks sebagai pelampiasan gairah.

 

Meningkatkan resiko komplikasi penyakit

Dalam tingkat yang sudah parah. Berdasarkan sejumlah penelitian, dampak dari ejakulasi dini dinilai juga berpotensi meningkatkan resiko terjadinya komplikasi penyakit. Akibat adanya gangguan peredaran darah menuju penis. Seperti beberapa jenis jenis penyakit berikut ini :

  • Gangguan prostat
  • Masalah hormone
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit Jantung
  • Diabetes

  

Dampak ejakulasi dini pada wanita

apa itu ejakulasi dini berdampak pada wanita
Sumber : Freepik.com

Stress

Dalam sebuah penelitian, didapat sebuah data yang cukup mengejutkan. Dimana 1500 wanita mengungkapkan merasa stress dan frustasi ketika memiliki pasangan yang mengidap gangguan ejakulasi dini. Memang ga bisa dipungkiri, orgasme pria yang terlalu cepat aku menurunkan semangat pasangan untuk melanjutkan hubungan badan. Sehingga ga heran jika sebagian besar wanita merasa puas karena kondisi pasangannya selama di ranjang.

 

Terkendala dalam mencapai orgasme

Bagi wanita, memiliki pasangan yang sering mengalami ejakulasi dini memang cukup membuat kecewa saat berhubungan. Pasalnya selain merasa kurang puas, dampak ejakulasi dini juga bisa membuatnya kesulitan mencapai titik klimaks (orgasme) selama melakukan aktivitas seksual.

 

Merusak keharmonisan hubungan

Bukan rahasia umum lagi, kalau ketidakpuasan selama berada di ranjang. Akan mempengaruhi keharmonisan dengan pasangan. Bagaimanapun juga, kenyamanan saat bersenggama. memiliki dampak yang besar dalam memperkuat jalinan sebuah hubungan.

Beberapa penelitian juga memaparkan bahwa, bahwa durasi seks yang terlalu minim rentan akibat ejakulasi dini. Rentan sekali memicu retaknya keharmonisan dalam hubungan. Bahkan tidak sedikit responden yang mengaku jika masalah masalah  rumah tangga seperti pertengkaran, perselingkuhan bahkan sampai perceraian. Bermula pada

 

Baca juga : Apakah ejakulasi dini bisa sembuh permanen? Cek faktanya disini!

  

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

cara mencegah ejakulasi dini
Sumber : Freepik.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Dampak dari ejakulasi dini memang sangat perlu diwaspadai. Nah untuk mencegahnya terulang kembali, berikut cara mengatasi ejakulasi dini yang bisa Anda mulai terapkan :

 

Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat sudah tentu menjadi cara mencegah ejakulasi dini yang wajib Anda terapkan dalam keseharian. Selain memperbanyak minum air putih dan konsumsi makanan kaya nutrisi. Anda juga perlu mengibanginya dengan rutin berolah raga. Guna untuk meningkatkan stamina tubuh agar lebih sehat dan kuat tentunya.

Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman – minuman beralkohol dan obat obatan terlarang. Agar tidak membuat kondisi ejakulasi dini makin parah.

  

Mengkonsumsi suplemen atau obat kuat yang berkualitas

Melengkapi cara mencegah ejakulasi dini. Anda juga bisa menambahkannya dengan mencoba mengkonsumsi suplemen atau obat kuat yang berkualitas. Da banyak sekali pilihan jenisnya dipasaran. Namun tetap saja Anda tidak bisa sembarangan menggunakannya.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda harus berkonsultasi pada Ahli terdahulu. Agar benar benar mendapatkan obat kuat yang benar benar terjamin kualitas dan sesuai dengan anjuran.

 

Baca juga : Cara mencegah ejakulasi dini yang paling ampuh tanpa efek samping

 

Konsultasi kepada ahli

Kunci penyembuhan ejakulasi dini, tidak lain adalah keberanian terbuka terhadap situasi yang Anda alami saat ini. Termasuk pada pasangan agar tidak memicu timbulnya miskomunikasi. Anda tidak malu mengatakannya. Yakinlah pasangan akan memahami jika Anda memberi pengertian dengan baik baik.

Tapi jika Anda masih merasa awam tentang gangguan ejakulasi dini. Sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan ahli yang sudah terbiasa menangani. Sekarang banyak sekali layanan konseling yang bisa Anda manfaatkan untuk mencegah ejakulasi dini.

Bagi Anda yang tertarik mencobanya? Disini kamu bisa langsung berkonsultasi gratis dengan pakar yang sudah pengalaman. Pertanyaan seputar apa itu ejakulasi dini, seperti apa gejalanya dan bagaimana cara penanganan ejakulasi yang benar. Bisa Anda gali sedalam sedalamnya secara lebih mudah. Hanya dengan klik disini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *