Apa Itu Ejakulasi Dini Ringan? Begini Mitos & Faktanya!

Apa Itu Ejakulasi Dini Ringan? Begini Mitos & Faktanya!

Bagi Anda yang sedang mencari sumber informasi terkait apa itu ejakulasi dini ringan? Biar ga salah paham! Yuk cek fakta dan mitos terkait ejakulasi dini di ulasan berikut ini.

apa itu ejakulasi dini ringan
Sumber : Freepik.com

Ga dipungkiri lagi, bagi kalangan pria gangguan ejakulasi dini memang menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan. Bener ga? Bagaimana tidak! Pasalnya dalam dunia maskulin sendiri, kejantanan seorang sering dikaitkan dengan seberapa kuat dirinya bertahan diatas ranjang untuk melakukan hubungan seksual.

Sehingga ketika seorang pria mengidap gangguan ejakulasi dini. Bukan tidak mungkin anggapan anggapan. Bukan tanpa alasan, masalahnya ketidakmampuan seseorang mengontrol ejakulasi yang berlangsung teralalu cepat. Sudah pasti Akan membuat durasi jauh lebih cepat dan kurang nikmat karena sudah basah duluan. Padahal belum tentu baik diri sendiri dan pasangan sudah mencapai titik kepuasan.

 

Gejala Ejakulasi Ringan

Meski masih terbilang ejakulasi dini ringan. Tapi bukan berarti kemunculan gejalanya bisa disepelekan ya! Sudah pasti sebelum kondisinya semakin parah, adabaiknya Anda juga mengetahui gejala ejakulasi ringan

  • Seringkali  tidak bisa mengontrol keinginan ejakulasi. Pada kondisi semacam ini, ejakulasi memang biasanya berlangsung dalam waktu relatif singkat. Yakni sekitar 30 – 60 detik sesudah penetrasi
  • Merasa kesulitan menunda saat ejakulasi dini terjadi. Sehingga kerap membuat cemas dan frustasi.

 

Cara membedakan ejakulasi dini ringan sedang berat

ejakulasi dini ringan
Sumber : freepik.com

Biar Anda lebih mudah membedakan mana ejakulasi dini ringan sedang berat. Begini perbandingan durasi ejakulasi dini yang perlu Anda pahami!

 

Ejakulasi dini ringan

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Ejakulasi dini ringan biasanya berlangsung antara 30 detik sampai 1 menit setelah penetrasi.

 

Ejakulasi dini sedang

Disebut ejakulasi dini sedang, jika Anda sering mengalaminya selang waktu 15 – 30 detik ketika penis sudah berhasil memasuki bagian dalam vagina pasangan.

 

Ejakulasi dini berat

Nah pada masalah gangguan ejakulasi berat. Keinginan yang tak tertahankan untuk melepaskan sperma memang terbilang sangat cepat. Bahkan bisa kurang dari 15 jika dibanding dengan ejakulasi dini tipe sebelumnya.Dan lebih parahnya lagi bukan tidak mungkin, keinginan ejakulasi bisa saja timbul sekalipun penis baru saja menyentuh organ vital (vagina) pasangan. Meski hanya pada bagian terluarnya saja.

Kalau sudah begini, tentu ga bisa dibiarkan ya! Untuk penanganan yang lebih serius, sebaiknya segera Anda konsultasikan ke dokter atau pakar yang sudah berpengalaman.

 

Tahapan ejakulasi dini ringan

tahapan ejakulasi dini ringan
Sumber : Freepik

Bagaimana proses berlangsungnya ejakulasi dan apa saja tahapan – tahapan yang dilalui sperma. Sampai akhirnya bisa dikeluarkan? Ini dia jawabannya :

 

Tahap 1 : Emisi

Pada tahapan emisi, sperma yang dikeluarkan oleh testis umum akan berjalan menuju kelenjar prostat. Untuk kemudian diarahkan memasuki saluran Vasa deferensia (saluran yang bertugas sebagai alat transportasi sperma dari testis ke pangkal penis).

Nah pada bagian ini juga, air mani yang dihasilkan oleh vesikula seminalis juga turut melebur menjadi satu bersama sperma. Sehingga jika kantung saluran vasa deferensia sudah terpenuhi oleh sperma dan air mani yang siap dikeluarkan. Di tahap inilah, Anda akan mulai muncul keinginan untuk ejakulasi.

 

Tahap 2 : Pengeluaran

Saat keinginan ejakulasi, sudah tidak bisa terbendung dan tertahan lagi. Pada tahapan ini, otot otot yang  terletak pada pangkal penis akan saling berkontraksi. Bekerjasama memaksa sperma dan air mani untuk segera dikeluarkan.

Nah apabila keduanya sudah berhasil dilepaskan. Ga dipungkiri aka nada semacam perasaan melegakan. Yang biasa disebut dengan istilah orgasme. Titik klimaks setelah berhubungan badan.

 

Penyebab Ejakulasi Dini

Bicara soal penyebab ejakulasi dini. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa saja memicu terjadi. Namun diantara berbagai penyebab ejakulasi dini yang diteliti. para pakar kesehatan menyederhanakan penyebab ejakulasi dini menjadi 2 bagian. Yakni faktor biologis dan yang kedua faktor psikologis.

Terkait faktor psikologis, penyebab ejakulasi dini satu ini biasanya didasari karena adanya perasaan tidak tenang dan cemas berlebihan sebelum melakukan hubungan intim. Entah stress, depresi , kurangnya rasa percaya diri atau ketakutan yang luar biasa karena khawatir tidak bisa menyenangkan pasangan. Akibat gangguan ejakulasi dini yang dialami.

Apakah Anda juga merasakan hal yang sama? Bila sampai saat ini Anda merasa tidak tenang. Sebaiknya segera berkonsultasi kepada ahli untuk mendapatkan arahan dan penanganan yang sesuai sebelum kondisinya bertambah parah!

Sementara untuk faktor biologisnya, penyebab ejakulasi dini juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Seperti misalnya gangguan hipertiroid, masalah prostat, diabetes sampai dengan obesitas.

 

Cara mengatasi ejakulasi dini sendiri secara alami

cara menfatasi ejakulasi dini ringan
Sumber : Freepik.com

Bagi Anda yang tengah bermasalah dengan ejakulasi dini ringan. Tapi terlalu malu, untuk datang langsung berkonsultasi. Tenang, ga perlu khawatir. Anda tidak sendirian kok. Zaman sudah semakin canggih. Kini banyak pula alternatif  pilihan mengatasi ejakulasi dini ringan secara alami yang bisa coba Anda terapkan sendiri di rumah. Seperti Halnya langkah – langkah berikut ini !   

  • Belajar mengelola stress
  • Menjaga pola hidup yang lebih sehat
  • Rutin berolahraga
  • Latihan ambil nafas dalam dalam
  • Menggunakan kondom saat berhubungan intim
  • Mengeluarkan penis sebelum orgasme
  • Mencoba senam kegel
  • Jika perlu Anda juga bisa konsultasi online gratis disini

 

Baca juga : Cara mengatasi ejakulasi dini sendiri alami di rumah! 

 

Fakta dan mitos ejakulasi dini yang sering disalah pahami

fakta dan mitos ejakulasi dini ringan
Sumber : Freepik

Banyak sekali mitos mitos yang sering dikaitkan dengan gangguan ejakulasi dini yang sering membuat salah paham. Apakah  Anda pernah mendengarnya? Salah salah bukan menyembuhkan. Malah justru membuat kondisinya makin parah! Nah biar tidak salah kaprah dalam memahami ejakulasi dini. Ini dia deretan fakta dan mitos terkait ejakulasi dini yang perlu dicermati.

 

Ejakulasi dini hanya dialami oleh pria paruh baya saja

Dalam praktiknya, tidak sedikit yang beranggapan ejakulasi dini hanya bisa dialami oleh kalangan pria paruh baya. Mulai dari usia 40 tahunan keatas. Dengan dalih pertambahan usia. Yang menyebabkan pengenduran otot dan menurunnya produksi sperma akibat berkurangnya hormone testosterone.

Meski demikian, bukan berarti pria yang berada di usia produktif tidak bisa terpengaruh gangguan ejakulasi dini lho! Karena faktanya, banyak penyebab yang bisa membuat laki laki di usia yang masih muda justru kehilangan kendali mengontrol ejakulasi. Akibat pola hidup yang kurang sehat ataupun kondisi medis tertentu lainnya.

  

Baca juga : Makanan penyebab ejakulasi dini! Pria wajib tahu!

 

Ejakulasi dini terjadi akibat terlalu sering masturbasi

Tapi benarkah terlalu sering masturbasi justru memicu gangguan ejakulasin dini? Padahal faktanya  justru menunjukkan sebaliknya. Berdasarkan sejumlah riset dan penelitian. Masturbasijustru bisa jadi pilihan terbaik untuk menangani masalah ejakulasi dini. Karena dianggap efektif dalam meningkatkan imunitas sekaligus membantu mengontrol orgasme dan durasi ejakulasi lebih normal dan sewajarnya

 

Ejakulasi dini adalah hal yang normal dan tidak dapat dicegah

Saat berhubungan badan, ejakulasi merupakan sebuah reaksi normal dan lumrah adanya. Apalagi ketika seseorang telah mendapat puncak kenikmatan (orgasme) dari sebuah hubungan seksual. Durasi normalnya biasanya memakan waktu 4 – 5 menit setelah penetrasi. Kurang dari itu, sudah tentu ga bisa dianggap wajar lagi.  Karena sudah pasti akan mengganggu dan menghambat saat hendak melakukan aktivitas seksual.  

Disamping itu, Anggapan yang menyebutkan ejakulasi dini adalah kenormalan. Sangat tidak dibenarkan. Yang ada bukan malah mempercepat penyembuhan. Tapi justru rentan membuat orang menyepelekan dampaknya dan tidak mencari bantuan.

Faktanya ejakulasi dini adalah sebuah gangguan yang menyerang sistem reproduksi. Sehingga jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kondisinya semakin parah dan sangat sulit disembuhkan. Nah jika Anda punya masalah dengan ejakulasi dini ringan. Mumpung belum parah! Yuk segera atasi dengan konsultasi online gratis disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *